Rabu, 08 Februari 2023

Sacks Sentence Completion Test (SSTC)

 Workshop Capacity Building: Bagi Konselor SMP dan SMA  di selenggarakan secara online, Jumat 3 Maret 2023, Jam 08:00 - 16:00 WIB.

Latar belakang
Sacks Sentence Completion Test (SSTC) merupakan   tools bagi para guru Bimbingan Konseling (BK) guna dapat memotret keadaan sosial-emosional dan sikap mental siswa-siswinya (SMP dan SMA) secara aktual. Sehingga para guru BK bisa memetakan wilayah emosi mana dan sikap mental apa saja yang perlu dibantu untuk pengembangan diri setiap siswanya.

Sacks Sentence Completion Test atau Test Melengkapi Kalimat diciptakan oleh Dr. Joseph M. Sacks dan sangat efektif untuk mengenal sikap mental dan proses-proses emosi yang sedang dialami oleh remaja.

Ada 15 wilayah emosi yang bisa dipotret dengan sangat akuarat oleh SSCT: Sikap dan emosi remaja berkaitan denghan ibunya, ayahnya, anggota keluarganya, teman perempuan, teman, atasan atau guru-gurunya, pembantu, teman di bawah usianya, dan koleganya. Sikapnya terhadap heteroseksual, bagaimana kondisi psiko-seksualnya. SSCT juga memotret ketakutan yang dirasakan remaja, rasa bersalahnya, sikapnya terhadap kemampuannya. SSCT dapat juga mengungkapkan bagaimana sikap remaja terhadap masa lalu, masa depan dan cita-cita serta tujuan hidupnya.

Hanya dengan melengkapi 60 kalimat secara spontan dalam 20-30 menit, guru/konselor dapat mendapat gambaran akurat tentang setiap siswanya.

Tentu untuk menggunakan SSCT ini butuh pedoman interpretasi, yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang memahami latar belakang penciptaan tools SSCT ini.

Untuk mendapatkan filosofi SSCT, cara dan pedoman interpretasi, akan diadakan workshop 1 (satu) hari  secara online. Setiap peserta mendapatkan:

Materi Workshop:
1. Tools soal SSCT dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
2. Materi Sejarah, latar belakang dan pedoman interpretasi SSCT
3. Simulasi Model interpretasi berbagai kasus dari 15 wilayah emosi remaja.
4. Rekaman Seminar online, yang diikuti oleh peserta (diberikan link setelah webinar selesai)


Waktu:
3 Maret 2023
Jam 08:00 - 16:00

Investasi/Sumbangan: Rp. 250.000 per peserta.
Semua pemasukan dari kegiatan ini disumbangkan untuk pengembangan Bukit Doa St. Inocentius. Investasi/Sumbangan silahkan ditransfer ke:

Bank Mandiri : 1500029108873
a/n. Bukit Doa Santu Inoc


Bukti transfer silahkan diupload di google form sekaligus melakukan registrasi kepesertaaan Klik link:
Registrasi Peserta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar