Jumat, 03 Maret 2017

22 Jam Pelajari Nilai Hidup

BANDUNG, KOMPAS - Menciptakan dunia yang lebih baik ternyata mudah. Kuncinya hanya membiasakan diri menjalankan 12 nilai universal dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memiliki kebiasaan tersebut sebanyak 30 orang meluangkan waktu mempelajari nilai hidup selama 22 jam yang dilaksanakan dalam tiga hari, di Rumah Buku Alebene, Bandung, sejak Jumat (23/2) hingga Minggu (25/2).

Menurut Fidelis Waruwu, Koordinator Program Living Values, An Educational Program (LVEP) di Indonesia, ada 12 nilai universal yang diamalkan, yaitu kedamaian, kasih sayang, kerjasama, kebebasan, kebahagiaan, kejujuran, kerendahan hati, penghargaan, tanggung jawab, kesederhanaan, toleransi, dan persatuan.

Meski tidak semua nilai universal dapat menjadi kebiasaan, namun beberapa peserta mengaku merasakan hidup lebih baik dengan menjalankan nilai universal yang mereka yakini. Priska (22), dosen psikologi sebuah universitas mengatakan ia selalu berusaha loyal pada lembaganya, misalnya untuk menjalankan aturan agar berada di kampus beberapa jam setelah mengajar untuk berjaga-jaga jika tenaganya dibutuhkan mendadak. "Meskipun banyak rekan yang mencibir karena saya dinilai terlalu loyal pada perusahaan, saya merasa lebih baik jika tetap menjalankannya," ujar Priska.

Shirley Megawati, peserta lainnya mengaku menyisakan waktu berangkat kerja dan mengantar anak-anak lima menit lebih awal agar tidak perlu mengebut di jalan raya yang bisa mencelakakan orang lain. "Karena tidak terburu-buru, kami sekeluarga bisa berangkat dengan sukacita, sambil mengobrol atau nyanyi-nyanyi," ujarnya.

LVEP tumbuh dari proyek international Yang dimulai tahun 1995 oleh Institut Brahma Kumaris untuk merayakan ulang tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-50. LVEP memiliki semangat membuat hidup di dunia menjadi lebih baik. (YNT)



Sumber:
http://www.kompas.com/ver1/kesehatan/0702/25/101231.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar