www.Edutraco.com

Peran orang tua membantu anak berprestasi

Jakarta, 4 Maret 2007. Orang tua SMA Negeri 21 mengadakan seminar parenting selama dua jam, untuk menemukan apa saja peranan orang tua dalam membantu anak-anak berprestasi.

Dalam kesempatan itu, Fidelis Waruwu menjelaskan lima kebutuhan dasar manusia yang perlu diperhatikan oleh orang tua, agar anak-anak berprestasi. Manusia sebagai fisik memiliki kebutuhan empat sehat dan lima sempurna (nasi, sayur, daging, buah dan susu). Demikian, agar seseorang sehat, dia senantiasa membutuhkan nutrisi fisik setiap hari. Bila nutrisi fisik ini kurang, maka manusia akan kekurangan gizi, dan kemungkinan jatuh sakit.


Manusia adalah makhluk fisik dan psikhis. Sebagai makhluk psikhis setiap orang mempunyai lima kebutuhan dasar juga, yakni: rasa aman, bernilai, berharga, dipahami dan dicintai. Kebutuhan ini dibutuhkan oleh anak-anak remaja setiap saat. Kebutuhan psikhis ini merupakan kebutuhan yang menuntut pemenuhannya setiap waktu, setiap saat, kapan dan di mana saja. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka seseorang akan terganggu, dan mulai berperilaku aneh. Misalkan, saja bila seorang tidak merasa aman, karena diomelin terus-menerus, maka dia cenderung gelisah, tidak bisa konentrasi, dan tidak bisa belajar dengan baik. Maka orang tua perlu menciptakan keadaan rumah yang memberi rasa aman ke pada anak-anak agar dapat belajar dengan tenang di rumah.



Demikian lima kebutuhan psikhis itu sangat menuntut pemenuhannya setiap hari. Bila anak-anak tidak memperoleh kebutuhan ini di rumah, maka mereka akan mencarinya di luar rumah. Maka anak-anak terjerumus pada kelompok sebaya, yang bila tidak baik, akan menjerumuskan anak-anak ke dalam perilaku yang negatif.


Guna membantu orang tua memainkan perannya dalam menciptakan lingkungan rumah yang memberi rasa aman, bernilai, berharga, dipahami dan dicintai, maka kepada orang tua dijelaskan delapan kekuatan manusia yang sangat dibutuhkan, agar bisa melaksanakan tugasnya secara efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Informasi lebih lanjut tentang seminar ini bisa e-mail ke: waruwu@gmail.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Edutraco - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting